Rabu, 05 Februari 2014

Cara Supaya Anak Bangun Subuh

Siapa yang pengen punya anak shalih? Cinta masjid? Rajin shalat? Masyaa Allah, semua orangtua muslim pasti mendambakan anak yang shalih begini. Karena itu jangan lupa  untuk doain yg ini:


Robbij'alni muqiimash sholaati wa min dzurriyyatii (Ya Tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku orang2 yang tetap mendirikan sholat), Robbanaa wa taqobal du'aa' (Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku). 

Dari Al Qur'an, surat Ibraahim: 40.

Jadiin doa ini sebagai doa sapu jagad nya bapak2 dan ibu2. Bukan cuma rabbana aatina itu aja, tapi tambahin ama yg ini. Jangan sampe ga apal. 

Nah di antara yang sulit dialami oleh orangtua adalah membangunkan anaknya untuk shalat subuh dan berangkat jamaah ke masjid.
Kasihan om banguninnya, belum wajib ini.
Kasihan om semalem tidurnya larut.
Kasihan om ntar ngantuk di sekolah.
Dan sebagainya.


Ga ada paksaan kok, namanya juga anak2. Coba kembali ke paragraf pertama lagi. Tulisan ini hanya sedikit upaya untuk mengajarkan cinta shalat kepada anak2 kita, moga2 bermanfaat.

Lalu bagaimana cara bangunin anak shalat subuh ke masjid?
1. Bapaknya harus rutin jamaah ke masjid. Jangan cuma nyuruh, tapi mengajak. Ada tetanggaku yg nyuruh anaknya ke masjid lalu dibalik counter attack ama si anak bahwa bapaknya sendiri ga pernah ke masjid.
2. Anak jangan tidur larut malam, mentok jam sembilan lah. Trs bilangin kalo "besok pagi subuhan di masjid yaaa."
3. Bangunin dengan nyalain lampu kamarnya, setel radio murotal, kalo tahajud ya tahajud di kamar anak, pokoknya anak jd merasa ada aktifitas "sudah bangun" di kamarnya.
4. Ajak ngobrol. Pancing dengan hal2 menarik, "eh K, ini di youtube ada bumblebee kok warnanya begini ya?" Langsung melek dah.
5. Bangunin sebelum adzan. Kalo bangun saat adzan biasanya anak gelagapan nyari sarung, panik, alis berkerut, ngomel2, tertekan, takut ditinggal papanya.
6. Sambil ngantuk2 gendong si anak ke masjid. Kalo udah makin besar ya jalan bergandengan sambil bercakap2. Momen indah yg sangat berharga utk dilewatkan.

7. Bilang terimakasih. "Makasih ya, udah nemenin papa ke masjid."

Eh Om,
kenapa harus bilang terimakasih?

Nih aku kasih cerita:


Kemaren sore, ada macet sedikit di depan Islamic Center. Motor2 kami ngga bisa lanjut, rupanya kepentok ada motor parkir. Di situ ada mas2 naik sepeda kayuh yang lagi liat2 pedagang burung, yang tiba2 berinisiatif mendorong2 motor tadi. Alhamdulillah.
Brumm bruum, motor2 lain pun bisa lanjut.
AKusempatin nengok "Terimakasih ya mas." kataku saat melewatinya.

Dia membalas senyum dengan ramah, "Iyaaa." katanya.
Indah sekali. Masyaa Allah. Orang baik.

Sedikit aja memberi penghargaan atas hal baik apa yg udah dilakukan orang lain, insyaa Allah membahagiakan hatinya (masih nyambung ama status ane kemaren ya ikhwah), apalagi jika penghargaan itu kita hadiahkan ke orang2 terdekat kita.

Aku: Terimakasih ya,
Kevin: Terimakasih apa?
Aku: Ya terimakasih udah ngerjain kumon hari ini, terimakasih udah nurut ama mama papa, terimakasih udah nemenin Papa shalat subuh di masjid. Udah dipeluk belum hari ini?

Kevin: belum (sambil senyam-senyum seneng)
K dan Bani

Moga bermanfaat.
Ilal liqa'.

2 komentar:

  1. bapakku dulu ngelakuin yg nomor 6 om, sampe aye bisa jalan sendiri ke masjid...

    jadi kangen bapak

    BalasHapus
    Balasan
    1. @masichang: wah masih inget ya mas ichang, moga2 K juga inget sampe dia dewasa nanti

      Hapus