Kamis, 07 Juli 2011

Nambah Satu Lagi Muadzin

Suka dengarin adzan maghariib di TV? Atau mungkin di radio kalau pas lagi di mobil? Atau langsung dengar sayup2 dari toa masjid? Ada yang cuek ga dengarin, ngomong sendiri ama temennya.Ada yang langsung diem, dengarin dan menyimak.Ada juga yang dengarin, menyimak dan ikutin bacaan dan iramanya.Kalau semua pasif, pada cuek, kira-kira siapa ya yang adzan?
Kaset? Rekaman? *bahkan konon Turki malah ada program butuh 5000 muadzin lho, orang Indonesia yang suara adzan nya enak, terus apal Qur'an satu dua juz bisa dikirim ke sana, karena di sana muadzin sudah jarang* Yeaah, bisa jadi kalau ngga ada regenerasi suatu ketika di Indonesia juga bakal begitu.
Naah, kalau agan lagi sendirian di rumah nih, cobain deh adzan sambil direkam di-HP. Ada temen bilang, "Aku ngga bisa lagunya."Aah yang benar ngga bisa lagunya. Coba ditiruin saja adzan-adzan yang selama ini kita dengarin terus dicobain sendirian kalau lagi di rumah.
Ngga usah takut fals, lha wong nyanyi Garuda Di Dadaku ngga fals gitu kok.Apalagi buat agan-agan yang seneng karaokean, sudah biasa ngadepin mic, pasti lebih merdu kalau adzan.
Coba saja diulang-ulang iramanya mpe mantep.Terus buruan dicobain di musholla terdekat. Ngga usah langsung ke masjid, ke musholla saja dulu hihihihi (namanya juga belajaran). Sampairin deh musholla yang biasanya agan pake jamaah. Di kantor, di kampung, musholla yang agan sudah kenal ama orang-orangnya. Datang di awal waktu, sebelum masuk waktu sholat.
Abis ambil air wudhu terus sampairin deh takamuirnya, minta ijin. Atau ke muadzin yang biasanya adzan di situ.
"Saya pengen adzan, boleh ngga Ji?" Si muadzin biasanya pastiiiiiiii akan bilang, "Boleh boleh, silakan silakan." sambil nyiapin mic dan nyalain soundsistem.
Terus pegang deh itu mic.
Ngga usah tegang, ngadep tembok ini, ngga ada banyak orang, bukan lagi di panggung, bukan lagi di depan seminar Jakarta Lawyers Club. Paling di situ cuma ada muadzin dan beberapa orang yang dateng duluan. Allah liat nih agan lagi berdiri sendirian megang mic. Cuma karena Allah agan berdiri di situ.
Kalau ngga karena Allah, agan pasti lagi di tempat lain, mungkin lagi makan, lagi ngobrol, lagi nonton tv.
Bismillah dulu. Tarik nafas dalem-dalem.
"Allahuakbar, Allahuakbar.."
Suara agan menggema tuh. Terdengar kenceng benar dari toa masjid. Deg deg deg, nafas tuh berdegup kenceeeeng banget karena takut salah. Salah ngga ya. Abis ini apa ya. Deg deg deg.
Jangan takut gan. Cuma jin ifrit kok yang ketakutan lari pontang panting dengar agan adzan.Agan benar kok, ngga salah bacaan nya. Tarik nafas lagi. Tenangin ati.
"Allahuakbar, Allahuakbar.."
"Asyhadu alla ilaha illallah . Asyhadu alla ilaha illallah .”
"Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah.
Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah ."
"Hayya 'alash sholah .Hayya 'alash sholah .”
Agan ajak tuh orang-orang untuk sholat. Yang tadinya duduk depan komputer, langsung berdiri.Yang lagi main bola, langsung berenti, terus pada bergerak meninggalkan lapangan.
"Hayya 'alal falah .Hayya 'alal falah ."
"Allahuakbar, Allahuakbar.."
"Lailaha ilallah ."
Baca doa setelah adzan. Alhamdulillah selesai sudah. Deg-degan nya ilang, berganti jadi lega. Terus matiin micnya. Nengok ke belakang, senyum ke muadzin yang tadi, dia nya ngga bales liat ke agan, soalnya dia juga lagi mau sholat sunnah.Tapi agan bahagiaaa banget.
Bahagiaa banget.
Agan sudah jadi penyeru sholat. Nambah satu lagi muadzin baru. Nambah satu langkah lagi mendekati Allah. Semoga Allah ridho.
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar