Selasa, 06 September 2011

Berawal Dari Niat Doang (1)

Niat doang udah dicatet kebaikan ama malaikat. Dan ini benerr, Boss. Innamma al-a'malu bi an-niyat. Sesungguhnya semua perbuatan (bisa dilaksanakan dengan sempurna) hanyalah dengan niat. HR. Bukhari dan Muslim.

Sering ya denger2 atau baca ttg keajaiban sedekah? Di tv, di cerita temen, di siraman rohani. Nah berikut ini ada cerita ttg keajaiban sedekah kisah nyata yang barangkali bisa menginspirasi kita utk berbuat sesuatu lbh banyak buat sekeliling kita.Kalo kita sayang ama mahluk2Nya, mudah2an Allah juga makin sayang ama kita.

Muriyati seorang mahasiswi, tanpa sengaja suatu sore di jalan ia bertemu dgn Bu Mardiyah seorang pengurus yayasan panti asuhan, trs ngobrol2 deh mereka berdua. Kebetulan jauh2 sebelum ini Mur udah ada kepikiran untuk bersedekah ke panti asuhan kalo ada duit. Siapa sangka hari itu ia dipertemukan Allah dengan Bu Mardiyah.Bener2 ketemuan yg tidak direncanakan manusia.


Mur tiba2 nanya, "Eh Bu Mar, anu..mm.. kira2 panti asuhan skrg ini lagi butuh apaan ya?"
Bu Mardiyah bilang, "Kami, anak2 ini, kamar mandinya berebutan, terus tempat tidurnya udh berjejal2an, kebanyakan anak tapi fasilitasnya kurang. Mungkin yg paling dibutuhin sekarang tuh kalo ada rejeki mau bangun kamar mandi baru, ama tempat tidur bertingkat gitu kali ya."

Mur jadi membayangkan, anak2 kecil antri kamar mandi lama, nunggu giliran. Sementara klo mau tidur berdesak2an, ada yg tidur di kasur ada yg tidur di lantai, berjejalan, sudah tidak nyaman lagi.Kasian ya mereka.

Mur kemudian nanya lagi, "Emang kira2 berapa ya kaya gtu?"
Bu Mardiyah menjawab, "Ya paling total sih butuh lima belas jutaan." Ia asal nyebut aja kira2nya.

Glek.
Mur yg sejak awaaaaaal udah ada niatan pengen banget bantu, tiba2 nafasnya tercekat.
Ya Robbi, dari mana duit segitu.
Ga ada uang segitu gedenya, apalagi Mur masih kuliah. Uang sakunya mana cukup. Rencana2 mah paling tinggi dia mau ada rencana ngumpulin paling sejuta dua juta. <---segini aja udh gede bener buat Mur.

Bu Mardiyah nanya lagi, "Hayo ngapain nanya2. Emang Mur mau nyumbang ya?"
Cieeee Mur senyum malu2, "Cuma nanya aja, hihihihi. Pengen sih nyumbang. Ya kali2 ada rejeki."
Bu Mardiyah senyum, "Ya mudah2an Mur. Kali aja malaikat denger trs dicatet."
Mur bilang, "E amiiin."

Malemnya Mur berdoa di tahajudnya, "Ya Allah, titipkan pada ku rejeki yg banyaaaaaaaak Ya Allah, yg banyaaaaaaaaaakkk, nanti kusumbangkan ke panti asuhan."
Ia bilang buanyaaak soalnya uang lima belas juga segitu emang gede banget.

Jlebbb!!
Dua hari kemudian, Mur dikabarin mau dapet rejeki, karena tanah keluarganya laku dijual. Padahal ga ada angin ga ada hujan ga ada kabar kalo tanah kebun itu mau dijual. Emg siih udah ada niat keluarga sejak jauh2 hari, tp emg ga pernah kepikir lagi selama bertahun2.

Setelah transaksi, duitnya kemudian dibagi2 tuh, Mur dapet jatah tiga puluh juta. Subhanallah. Persis dua kali lipat jumlah kebutuhan panti asuhan tadi. Persisss bener.

Bener2 uang yg ga diduga2.
Langsung deh itu uang besoknya ia sodaqohin seperti yang dibutuhin Panti Asuhan sebesar lima belas juta, sementara Mur juga dapet tuh uang sejumlah yg sama lima belas juta, sisanya.

Pdhl waktu Mur niatin itu, dia ngga punya uang apa2 lho, sama sekali.
Siapa sangka 2 hr kemudian dapet 2x lipat!!!
Allah tuh yg nitipin, sesuai doanya Mur waktu tahajud. Sesuai dengan niatan awalnya.

Seakan2 Allah blg gini kali, "Hei Mur, nih kamu kukasih rejeki, yg separoh jgn lupa, janji mu ke panti asuhan ya. Separohnya lagi bonus deh buat kamu." Alhamdulillah pikir Mur, sisanya bisa buat2 tabungan haji. Diniatin dulu ama Mur mulai sekarang. Biar dicatet ama malaikat.

Mungkin, ketika Mur nanya2 ke Bu Mardiyah di hari pertama, soal yg dibutuhin itu. Bu Mardiyah kemudian sampe di panti asuhan trs cerita ke anak2 yatim asuhannya, "Eh anak2, tadi ada Mbak Mur ketemu Ibu, kayanya mau beliin kita tempat tidur deh terus bangunin kamar mandi juga!"

Alhamdulillah. Alhamdulillah.
Alhamdulillah, kata mereka.
Anak2 kecil itu girang kesenangan. Mereka membayangkan kasur2 baru. Tempat2 tidur bertingkat. Kamar mandi2 yg baru yg bersih dan nyaman. Cuma modal niat doang, Mur tanpa sadar udah membahagikan anak2 yatim ini.
Bu Mardiyah mungkin kala itu bilang, "Yuk kita semua doain mbak Mur yuk, semoga diberi rejeki yg banyak dan kita semua bisa dapet tempat tidur baru."
Mungkin gitu kali ya prosesnya. Mungkin lho. Pertama niat yang baik dan tulus, trs niat itu disampaikan biar banyak yg ngedoain, trs ditambahin tahajud dan ibadah2 lain, trs makanya doa bersama2 itu kemudian dikabulkan Allah.

Aku merinding, Boss.
Ini kisah nyata. Real. Cuma dengan tokoh, karakter, cerita dan setting yg diubah2 jd fiksi yang berbeda. Tapi dasarnya tetep based on true story, yang bisa terjadi juga ke kita semua kalo mau nyoba.

note: kalo mau bisa jg baca Berawal Dari Niat Doang (2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar