Rabu, 15 Agustus 2012

Penghasilanku Kecil Sekali

Seorang teman baru bekerja di sebuah perusahaan swasta dan merasa gajinya masih kecil, mgkn belum sesuai dengan tingkat pendidikannya. Mungkin masih di bawah temen2nya yg lain.

Jangan bersedih. Jangan berduka.
Mohon padaNya dengan berdoa.


(Kok jadi kaya lagu dangdut?)
-tangan di dagu, mata menerawang-

Oke lupakan. Yuk lanjut.

Sahabatku fillah yang kucintai karena Allah Ta'ala.
Bukankah semua memang memulai dari bawah.
Yaaa kecuali anak pengusaha yang memang tajir sejak kecil, seperti anak2nya konglomerat kondang Tjipta Wijaya misalnya. Tapi Tjipta Wijaya nya sendiri mulai dari jualan minyak pake becak, meneruskan bapaknya. Ibunya pun buruh cuci baju waktu itu.
Tau pemilik kripik Ma'icih ngga? Axl namanya. Ganteng, tajir, mobil sport keren. Tapi orang ngeliatnya dia sukses yg sekarang. Dulunya di awal ya dia jualan keripik door to door, nawarin sana sini katanya.

Pandanglah orang di bawahmu untuk urusan dunia [1]
Kalo kita ngeliatnya ke atas mulu, yang ada malah jadi mengeluh.
Akhirnya kita jadi ngga liat jalan, tau2 kakinya nginjek tokai, hiiii.
Tapi kalo liat ke bawah, kita jadi tau jalan, kita tau mana duri, mana beling. Ya udah dihindari. Jangan diinjek (kecuali kuda lumping).

Aku ada cerita sedikit yg barangkali bisa bermanfaat.
Dulu, aku pertama kali kerja tahun 1996, di Jember. Gajiku waktu itu kalo ngga salah sekitar 93 ribu per bulan. Mohon maaf kalo ngga akurat2 banget ya. Kurang lebih lah segitu. Gaji PNS kan memang kecil. Lalu ditambah tunjangan khusus orang ganteng, jadinya sekitar 250 an lah sebulan. Dan aku masih dikirimi Papiku (ya ampuun, udah kerja masih dapet subsidi ortu) sekitar 150rb. Jadi total penghasilanku waktu itu sebulan 400 ribuan.

Jaman segitu, banyak apa sedikit tuh om?
Ya sedikit.
Kalo temen2 pernah baca tulisanku di buku Pengen Jadi Baik yg berjudul Dapet Sakit Hati , di situ ada cerita tentang "Pemuda Tampan" yang minjemin motor plus bensin ke temen2nya. Inget kan?
Nah, di cerita itu, si pemuda tampan itu ngomel2 karena temen2nya suka minjem motor tapi ngga isi bensin. Bukan karena pelit, tapi ya karena memang duitnya cuma sedikit (dan bikin orang jadi pelit).
Hohoho. Batasan hemat dan pelit itu memang tipis ya saudara2.

400 ribu sebulan dapet apa om?
Mmm. Waktu itu setiap malem aku makan nasi soto murah meriah, di warung becakan deket kost. Nasinya banyak, lumayan lah.

Apakah aku mengeluh?
Iya mengeluh. Rasanya penghasilan ku kuraaaang aja. Padahal dibanding temen2ku seangkatan yg ngga pake dikirimin lagi ama ortu, seharusnya aku udah bersyukur banget ya, tapi ternyata aku masih suka mengeluh :(

Sampe suatu hari, aku satu bis ama seorang mas2 pegawai BRI. Usianya selisih beberapa tahun lah di atasku. Beliau ini bercerita, kalo masa mudanya dulu nakal, trus dia minggat dari rumah. Ia pun hidup sebatang kara di jalan, jualan asongan di terminal bis. Kok bisa jual asongan? Punya modal dong? Ngga, dia modal kepercayaan aja katanya, jualin barang orang yg punya toko di dkt terminal.

Setiap hari, dia nabung duit recehan, hasil laba penjualannya ke BRI di dkt terminal. Kalo malem, karena ngga punya rumah, dia tidurnya di pos kamling. Bajunya dilipet di bawah tiker, biar kalo sekolah udah kaya abis disetrika. O iya walaupun anak jalanan, dia tetap bersekolah (seingetku waktu dia msh SD kayanya).

Dan karena setiap hari ketemu, akhirnya si ibu2 teller BRI itu merasa iba. Lalu minta main ke rumahnya si anak ini. Maka si ibu itupun diajaknya ke Pos Kamling! "Ya di sini Bu saya tidur."
Si ibu jadi sedih berkaca2. Dia pun angkat si anak jadi anak asuhnya. Diajaknya "ngenger" (numpang tinggal sambil bantu2) di rumahnya, sekalian disekolahkan hingga lulus.

Si pemuda ini pun kemudian diterima kerja di BRI. Ntah sebagai apa, aku ngga tau. Tahun2 jadul sih ya, dengan ijazah SMA saja bisa kerja di bank. Si mas itupun cerita kalo sekarang ini alhamdulillah bisa bantu adek2nya (yang artinya hubungannya dengan keluarganya sudah membaik).
Sahabat2ku yg semoga dirahmati Allah.
Tau kah berapa gajinya sebulan waktu itu?
200 rb !!
Cuma 200 ribu dan udah bisa bantu2 adeknya. Bermanfaat buat orang lain.
Cuma 200 ribu, sementara aku 400 rebu. Dua kali lipatnya dan mengeluh :(

Aku cerita ke Mamiku soal itu, dan beliau seneng banget kuceritain.
Katanya, "Nasehat itu memang bisa lewat mana aja. Alhamdulillah, bisa lewat orang yang bahkan baru km kenal di bis."

Mudah2an nasehat si mas BRI itu bisa ikut kutularkan melalui tulisan ini.
Bukan soal besar kecilnya penghasilan kita, tapi bagaimana mensyukurinya dan menjadikannya bermanfaat buat orang lain.
Sampaikan cerita ini kepada adik2 kita yg lain.
Semoga bermanfaat.
Ilal liqo'.

Catatan:
[1] Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2 komentar:

  1. kita memang kadang iri dan merasa kurang kalo liat org lain penghasilannya lbh besar dr kita. Kita sering lupa bahwa rejeki itu tdk hanya dlm bentuk uang saja. Dpt teman baik, dpt ilmu yg bermanfaat, dpt atasan yg mengayomi, dpt pengalaman, dpt ketenangan.. itu semua jg rejeki yg tak bisa dinilai dan dibeli dgn uang.. #edisi lg bijak
    *mengingatkan diri sndri, agar slalu ingat bersyukur.. eh iya kita itu maksude aku sndri.. hehe..

    BalasHapus
  2. @covalina: Iya, kita itu maksudnya aku dan kamu, jd ngga ada kesan menggurui tp jg utk menasehati diri kita sendiri. Betul begitu?

    BalasHapus