Senin, 19 Agustus 2013

Rendezvous Part 3 : Balik 30 Jam Saja

Tulisan ini adalah kelanjutan dari tulisanku yang sebelumnya Kevin Sunat.

Yuk lanjut.
Kami memang cukup lama berada di Jombang, sekitar tiga mingguan ya. Seminggu pertama masih puasa, lalu seminggu kedua menjelang lebaran, dan seminggu ketiga adalah minggu kami akan kembali ke Jakarta lagi.

Oh iya, sejak di Jakarta maupun di Jombang masih banyak lho orang2 yang jualan uang di pinggir jalan. Itu lho tuker uang baru, tapi tuker dengan nilai berbeda, jatohnya mah riba. Padahal uang itu alat tukar menukar, bukan barang dagangan jadi ngga boleh dijual begitu. Dan walau udah difatwa haram oleh MUI Jombang, tetep aja mereka berdiri menyodor2kan uang baru. (1)


Berhubung bapak mertua (ayahnya Mama K) sudah meninggal dunia, maka orangtua kami saat ini tinggal ibuku aja di Jombang, maka kami pun berlebaran di sana. Pagi2 kami berangkat ke Masjid Jami' Jombang di depan alun-alun. Ternyata berangkatnya kepagian, masih lengang. Padahal kalo di Mojoagung, jam enam pagi udah penuh, eh di sini masih lengang.



Wah masjid nya bagus sekali. Baru dibangun. Cakep bener. Tuh aku jepret bagian dalemnya. Bagus ya. Aku dan Kevin duduk di tengah, sementara akhwat duduk di lantai dua. Sebagian besar masyarakat yang tidak tertampung di masjid sholat Ied nya di belakang sana di lapangan Alun-alun Jombang.

Setelah puas berlebaran di rumah ibuku di Jombang, baru kami berlebaran ke rumah sendiri, mampir dari tetangga ke tetangga.

Suatu malem aku kedatangan tamu bersilaturahim, kakek tua fakir miskin (yang istrinya stroke di rumahnya). Beliau ini tinggal di rumah gedek (berdinding bambu), di tanah pekarangan orang lain. Pernah kutulis cerita tentangnya di blog ini. Judulnya Sudah Sarapan? Kami Belum.

Nah beliau ini mampir sendirian untuk berlebaran.
"Yang sabar ya, Pak." kusisipin support dalam obrolan kami.
"Oo enggih, Bah." Ngga ada duka kok di wajahnya.
"Shalat jamaah di masjid to?"
"Nggih, Bah." Alhamdulillah.

Sebenernya aku penasaran bagaimana beliau sehari-hari bisa makan.
"Alhamdulillah tiap hari selalu bisa makan. Adaaa aja." ceritanya dalam bahasa Jawa. Beliau bukan peminta-minta. Sesekali beliau dipanggil mijit. Selain itu, ada aja orang yang memberi sodaqoh.

Aku jadi inget pesen nenekku dulu ke ibu-ku, yang kalau di bahasa indonesia-in jadi:
"Allah yang membuat mulut ini, maka Allah yang menjamin bakal ada makanan untuk dimakan." (2)

Hari Rabu pagi (jam lima pagi) kami bertiga pun berangkat kembali ke Jakarta. Mudah2an sih arus balik udah lewat rush hour nya, mudah2an ngga macet kaya di berita. Ternyata bener, perjalanan lancaaaaar jaya, alhamdulillah. Melalui jalur tengah, dari Jombang kami melalui kota Nganjuk, Madiun, Ngawi, Sragen dan melewati jalur Gemolong yang kemaren.
"Itu Ma. Itu Ma. Itu kuburannya!!" seruku saat melewati kuburan yang nyaris jadi tempat menginap kami. Untung aja ngga jadi hihihhi. Kalo jadi kan aku kuatir Mama K nanti shock pas bangun kok di tengah pekuburan. Suami yang sayang istri ya begini ini (ngeles).

Keluar Gemolong, kami isoma di Salatiga. Lalu lanjut menuju Semarang melewati jalan tol. Tapi karena mataku gampang ngantok, aku pun butuh istirahat lagi. Kami pun berenti sejenak di rest area SPBU Batang. Di situ aku mencoba tidur, tapi ngga berhasil. Akhirnya cuma sekedar merem dan rebahan aja, setelah sebelumnya makan bakso ama es krim (gimana ga menggendut?).


Sekitar maghrib, kami sampai di Pemalang. Kok ya persis ya ama waktu berangkat, maghrib nya juga di daerah Pemalang.
Ayo waktunya makan malam!
Dan seperti biasa, tiap nyari makan kok syusyeeeeh banget. Yang ini engga. Yang itu engga. Yang ini ga representatif tempatnya. Yang itu kok sepi gitu. Ah, makin jauh perjalanan makin ga tau makan di mana nih. Akhirnya di daerah Tegal, ada tulisan gede SOTO di pinggir jalan. Kami pun menepi pesen soto. Ternyata soto nya dikasih tauco! Astaga!!
Mama K dan Kevin pun ngga doyan, lalu ganti beli nasi goreng.
Aku juga ga doyan, tapi abis juga semangkok.

Dari Tegal situ kami lanjut perjalanan, lalu masuk tol Kanci Palimanan. Tol yang kapan hari sepi banget, malem ini udah rame rupanya. Udah kaya tol beneran banyak mobil. Dan keluar tol Palimanan ini lah baru yang namanya maceeeeeettttttt sampe berjam-jam. Kawasan Indramayu, Pamanukan, Subang, mobil merambat pelaaaan banget. Mana mata nguantooook, mobil jalannya dikit dikit. 0-5km per jam. Fyuuh. Masa iya kaya begini terus sampai Tol Cikampek? Nyari rest area pun susahnya minta ampun. Masjid masjid pennuuuh dipake tempat istirahat. SPBU juga pada penuh, bahkan banyak yg ditutup saking penuhnya mobil parkir.

Jadi, sebenernya yg ngantok tuh bukan aku doang. Tapi juga mobil2 lain. Mereka yang masih bertahan di jalan itu mungkin karena ga kebagian rest area.
Akhirnya karena udah ga kuat, aku pun menepi begitu aja di pinggir jalan di tepi sawah, dan grrrookk zzzzzzz tidur pules. Bangun2 masih malem, dan ternyata banyak mobil yg juga berderet ikut istirahat hihihi.
Perjalanan pun dilanjutkan hingga menjelang Subuh, kami mampir sholat, masih di daerah situ2 juga. Ngga jauh2, soalnya emang mobil masih macet merambat.

Selesai sholat, perjalanan lanjut lagi, dan aku semakin ngantok. Ini kalo dikasih judul seharusnya balada ngantok aja ya, lha wong dari kmrn kok isinya ngantok ngantok mulu.
Akhirnya setelah langit agak terang, kami nemu masjid lagi di kiri jalan. Aku kali ini tidur lagi pules bener. Posisi tidur yang bener2 tidur di masjid, pake bawa guling kecil. Karena posisinya yang normal (ngga ketekuk2 di dalem mobil) maka aku bisa tidur lebih nyenyak di sini. Bangun2 makan nasi uduk dan jalan raya udah ngga macet lagi. Wuuuuzzzzzz.. lancar!

Eh iya,
Di daerah pantura situ, ada orang berdiri berjejer bawa2 sapu. Itu pada ngapain ya?
Ternyata pengemis! Berdiri seharian ama bawa2 sapu. Padahal penampilannya juga bnyk yg masih gagah, kok ngga kerja malah ngemis ya?
Ck ck ck ck.
 
Alhamdulillah usai pantura, kami lancar melaju di Tol Cikampek. Karena gerbang tol nya ditutup, maka kami masuk melalui Karawang. Selanjutnya perjalanan sangat lancar hingga sampe Jakarta sekitar jam 11 siang. Alhamdulillah udah menempuh perjalanan kurleb 30 jam!

Perjalananku mudik, balik, pertemuanku dengan banyak sodara, sahabat dan kerabat, saling cerita saling ngobrol dan berbagi, memberi banyaaak memberi pelajaran buat aku.
Aku kenal orang yang dulunya jaya dan kaya, lalu dibalik menjadi miskin dan tak berpenghasilan.
Begitu pun sebaliknya. Aku kenal orang yang miskin tapi pekerja keras dan shalih, lalu dibalik nasibnya menjadi orang kaya raya (bahkan dengan omzet usaha em-eman).
Aku kenal orang yang gajinya -masyaa Allah- puluhan juta sebulan, tapi mengeluh dan mengeluh karena selalu ngga cukup.
Aku juga kenal orang yang penghasilannya tidak banyak, hidup sederhana, tapi bahagia, anak2 yang lucu, shalih shalihah, istri dan putri2nya berjilbab syar'i panjang dan lebar.

Rejeki dari Allah memang bukan cuma soal kaya dan miskin. Disempitkan atau dilapangkan rejekinya, yang penting sabar dan syukur nya itu lho.
Demikian lah trilogi ceritaku berakhir di sini.
Kita ketemu lagi di perjalanan mudik tahun depan, insyaa Allah.
Ilal liqo'.

Catatan hadits: _______________

1) Rasulullah sallalahu alaihi wasallam, bersabda: Transaksi pertukaran emas dengan emas harus sama takaran dan timbangannya, dari tangan ke tangan (kontan), kelebihannya adalah riba; perak dengan perak harus sama takaran dan timbangannya, dan dari tangan ke tangan (kontan), kelebihannya adalah riba; tepung dengan tepung harus sama takarannya dan timbangannya, dan dari tangan ke tangan (kontan), kelebihannya adalah riba; korma dengan korma harus sama takaran dan timbangannya, dan dari tangan ke tangan (kontan), kelebihannya adalah riba; garam dengan garam harus sama takaran dan timbangannya, dan dari tangan ke tangan (kontan), kelebihannya adalah riba. (HR Muslim)

2) Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, "Andaikan kalian tawakkal kepada Allah dengan sebenarnya, niscaya Allah akan memberi rizki kepada kalian seperti memberi rizki kepada burung. Mereka pergi pagi hari dengan perut kosong dan pulang sore hari dengan perut kenyang." (shahih Tirmidzi, beliau berkata 'hadits hasan shahih')

3 komentar:

  1. Wow.. 30 jam.. Kebayang kaya gimana rasanya..
    Perjalanan mudikku juga 30 jam, tapii 15 jam berangkat, dan 15 jam kembali.. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi
      15 jam itu perjalanan mana kemana?

      Hapus
    2. Bandung - Magelang sih... tapi kan gak setengahnya juga dari Jakarta - Jombang toh? :p

      Hapus