Kamis, 03 April 2014

Tinggalkan Riba! Kapan? Sekarang!!!

Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, MA- hafidzahullah-
Ah aku mau bahas ttg riba lagi ah. Jangan bosen ya. Ga boleh lho bosen. Jangan cuma ngomonngin soal anti narkoba, anti rokok atau anti korupsi. Anti riba ini juga harus dimasyarakatkan.

Dalam arti bahasa, riba berarti bertambah. Pelaku riba mengira hartanya bertambah. Yang ngga punya rumah jadi punya rumah, yang ngga punya motor jadi punya motor, padahal dengan cara riba. Kita mengiranya harta kita bertambah padahal engga.
Allah akan menghancurkan riba. Dosanya lebih besar daripada zina. Na'udzubillahi min dzaalik.


Dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 276 Allah Ta'ala berfirman:
“Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan selalu berbuat dosa.”

Bahkan jaman dulu, kala riba belum memasyarakat, orang2 awam senang menabung di deposito, "Enak, tinggal ambil bunganya aja udah cukup." Subhanallah, betapa bodohnya kita.

Emang kalo kredit di bank itu termasuk pelaku riba ya om? Kan ngga makan bunga nya.
Iya riba. Yang membayar bunga itu pemberi makan riba. Yang menikmati bunganya itu pemakan riba. Karena itu jaaaaauuuuhi yang namanya riba, baik itu menikmati bunga dari menabung di bank maupun membayar bunga akibat meminjam di bank.


Yuk dibahas atu-atu.

1. Menabung di Bank
Kalo kita menabung di bank, ostosmastis ada bunganya tuh. Nah itu jangan dimakan. Itu riba. Trs gimana solusinya menyikapi "bunga" yang selalu ada bercampur dengan uang tabungan kita itu.
Dari penjelasan berbagai sumber, dari diskusi dan solusi dari temen2 Shalahuddin maka aku mengumpulkan ide2 yang ditawarkan sebagai berikut:

a. Nabung di bank syariah, dgn opsi tanpa menerima uang bagi hasil.
Ini yang paling ideal nih. Bank Syariah kan kita ketahui memang ga syariah2 banget, banyak keluhan sistemnya yang begini begitu. Tapi kalo kita nabung tanpa menerima apapun dari mereka, cm nabung doang insyaa Allah aman, harta ga "bertambah" yg ada malah berkurang kena biaya administrasi bulanan dan pajak. Salah seorang sahabat saya mencontohkan B** 46 Syariah. Di situ saat menabung akan ditawarkan pilihan mau yg dapet bagi hasil atau yg tidak. Maka dia memilih tidak.

b. Nabung di bank konvensional, dgn rajin mencetak buku tabungan
Ada kalanya kita DIHARUSKAN nabung di bank konvensional karena kantor kita meminta begitu. Mau ngga mau ada bunga masuk ke dalam rekening kita. Ya udah dikeluarin aja bunganya. Yang rajin ke bank, cetakin buku tabungan kita. Setelah ketauan berapa bunga yg masuk, keluarin deh uangnya untuk kepentingan umum.
Like what?
Mmmm.. misalnya beliin aja pernak pernik di toilet masjid tuh. Misalnya beli sabun atau beli kapur barus pengharum kamar mandi. Atau yang lain.

c. Nabung di bank konvensional, tapi males cetak buku tabungan, ga efisien.
Tabungan cuma dikit, males banget kalo harus mondar mandir tiap bulan ke bank. Sebenernya sih kalo tabungan cuma dikit, maka bunga bank nya udah masuk eh diambil lagi lho ama bank nya. Itu lho, kepotong ama biaya administrasi dan pajak. Misalnya bunga bank kita dua rebu, eh biaya administrasi dan pajaknya sebesar 12 rebu. Malah tabungan kita kepotong sepuluh rebu. Ini misalnya aja. Jadi sebenernya uang kita ga becampur dengan bunga.
Akan tetapi, kalo mau lebih aman lagi, cari tau aja rata2 bunga bank berapa persen sih tiap bulan. Trs keluarin deh uang riba-nya. Kalo lebih besar ya gpp, sekalian infaq.

d. Daftar di internet banking aja. Bisa lihat mutasi uang tabungan kita tanpa capek2 cetak buku.
Registrasi nya cukup di ATM terdekat. Daftar E-Banking atau E-channel atau whattever namanya apa. Ntar masukin pasw dan dapet nomor aktivasi. Gunakan nomor itu di website bank tsb. Ikuti petunjuknya dan taddaaaa, kita bisa liat deh berapa bunga2 yg diperoleh dari bank.
[Btw, ternyata bunga bank nya kuecil2, udah abis diambilin lagi sama bank nya sendiri utk biaya administrasi]

e. Barangkali ada ide lain coba ditambahin ya, akhy.

2. Pinjem uang di Bank
Jangan.
Riba!
Jauuuuhiii.
Kalo butuh sesuatu tapi ga punya uang, ya direm dulu. Nabung aja. Cari jalan lain. Udah pernah kuulas di dua tulisanku yang lain. Monggo dibaca ya.
Direm Dulu dan Punya Rumah Tanpa KPR.

Wah kalo udah terlanjur gimana dumz?
Berhenti!! Sekarang! Yang telah berlalu, semoga dimaafkan Allah Ta'ala.
Ya ga bisa berhenti, kan masih punya tanggungan ama bank.
Bayar pokoknya aja, kalo gitu. Tutup pinjamannya. Kalo belum punya duit, ya kejar pake nabung emas. Pokoknya niatkan dalam hati ingin bertaubat dari riba. Ingin berhenti. Menyesali, dan janji ga akan hutang2 riba lagi. Yang terjadi sekarang kan hutang riba yg pertama belum lunas, udah top up nambahin hutang lagi. Jangan gitu. Berhenti sekarang juga.

Udah pernah cerita kan bagaimana pengalamanku? Alhamdulillah pertolongan Allah dateng jika kita bener2 bersungguh2.

Kalo minjem bank syariah gimana?
Ustadz Erwandi Tarmizi bilang kurang lebih begini, kalo bank konvensional itu jelas2 riba, kalo bank syariah itu banyak bermain2 dengan istilah agama. Hati2, prakteknya bisa jadi tetap riba. Boleh pinjem bank syariah tapi disesuaikan dengan yang syar'i. Minta begini dan begitu. Cerewetin aja. Kalo ngga mau, ya sudah cari bank syariah yang lain. Ustadz Erwandi cerita tentang temannya yang berhasil dengan cara ini. Pihak bank syariah berkata "Ya udah bapak maunya gimana yang syar'i."

Oh iya satu lagi.
Bagi karyawan yang hendak mengambil cicilan ke bank, biasanya harus meminta dulu surat keterangan dari kantor tempat dia bekerja. Biasanya orang kepegawaian atau HRD akan membuatkan surat rekomendasi untuk karyawan tadi agar lancar urusan hutangnya dengan bank.

Seorang sahabat bercerita, dulu dia pernah beberapa kali menolak permohonan karyawan di tempatnya bekerja yg hendak mengajukan kredit bank."Abisnya gajinya kecil, eh masa mau dipotong hutang bank lagi. Aku tuh kasihan." ceritanya, "Jadi merasa bersalah karena nolak permohonan dia."

Ternyata justru itu yang bener!!
Hutang kepada bank itu riba. Tercatat sebagai pemberi makan riba. Kata Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, tolak aja kalo ada permohonan kaya gitu. Kalo kita tandatangani surat itu maka kita ikut menyetujui akad transaksi riba. Jangan mau. Emangnya kita bakal dipecat apa kalo ngga mau tandatangani surat itu?
Aku nyeletuk, "Palingan dimusuhin (orangnya), tadz."
Eeeeh pak ustadz-nya denger. Ustadz Erwandi lgsg ngeliatin dan berkata, "Ada Allah, yaa akhy." sambil tangannya nunjuk ke atas. Mending dimusuhin orang itu daripada nantangin perang kepada Allah Ta'ala.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kalian orang-orang yang beriman. Jika kalian tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangi kalian. Dan jika kalian bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagi kalian pokok harta kalian; kalian tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.” (Al-Baqarah: 278-279)

Moga2 bermanfaat ya sahabat. Kalo ada salah mohon dikoreksi.
Wallahu a'lam.
Ilal liqo' fi amanillah.

10 komentar:

  1. tombol follow-nya mana pak dhe?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mydamayanti: aku jg ga tau, harus ada ya? hihihi

      Hapus
  2. Kalo jual barang yg syar'i gmana pak ? kan (riba=tambah)...

    BalasHapus
  3. Kalo jual barang yg syar'i gmana pak ? kan (riba=tambah)...

    BalasHapus
  4. kalo beli barang yang bunga 0% gmn mas?mohon pencerahannya

    BalasHapus
  5. pa usatd kalo aku pengen nabung yang tanpa riba dimana dan gimana, bolehkah nabung di bank syariah atau bank islam yang kata nya masih terdapat riba di dalam nya.. tapi kalo nabung dirumah ga ngumpul" ustad, gimana ini yaa.. mohon di tanggapi

    BalasHapus
  6. Pak ustad, kalau udh terlanjur riba (kpr rumah) tapi masih sekitar belasan tahun lagi selesainya. Ga mampu minjem sodara/temen, ga mampu bayar cash pokoknya ke bank, tapi mampu meninggalkan rumah tersebut (disita oleh bank). Apa itu boleh, dan salah satu anjuran dari agama? Mohon jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku juga Kpr rumah msih belasan tahun lagi lunas,,,solusi ny gimana ini biar gak di laknat allah ,,,aku sih niat Melunasin dalam jangka waktu 3 thn Nyari Uang dulu krja di luar negri,,,kaya gtu boleh gk ea

      Hapus
  7. Pinjaman untuk semua jenis tujuan
    Kami menawarkan jumlah minimum 5.000,00 euro sampai 10.000,00 euro sampai 20 juta euro
    Dengan suku bunga pinjaman 2% rendah
    Periode: sampai 25 tahun tergantung jumlah pinjaman yang Anda butuhkan.
    Pelanggan harus
    lebih dari 18 tahun
    Transaksi ini 100% aman untuk semua pelanggan
    Untuk informasi lebih lanjut tentang kredit, silahkan hubungi kami via e-mail:
    (leonardodorafinance@gmail.com)

    BalasHapus